Hasil Tes PPPK di Kerinci Resmi Diumumkan, Peserta Diberikan Waktu Sampaikan Sanggah di Akun

 

Kepala BKPSDM bersama Kadis Pendidikan dan Kabid Mutasi di BKPSDM Kerinci

Publisjambi.com, KERINCI - Setelah ditunggu-tunggu oleh calon PPPK untuk farmasi Guru/pendidik, akhirnya hasil lulus Tes seleksi PPPK pada tahun 2022, untuk kabupaten Kerinci, resmi diumumkan. Namun.pemungumanya langsung dikirim oleh BKN ke dalam akun masing-masing peserta, pada Kamis (09/03/2023).

Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) kabupaten Kerinci, dari 1.098 orang yang mengikuti seleksi penerimaan PPPK pada tahun 2022, sebanyak 504 yang dinyatakan lulus oleh BKN Pusat.

Hal tersebut dibenarkan Kepala BKPSDM Kerinci, Efrawadi, pada Kamis (09/03/2023) kemarin. Dia mengatakan hasil ini telah diumumkan melalui akun peserta masing-masing, tidak melalui BKPSDM Kerinci.

"Ya, Ada 504 yang dinyatakan lulus, sudah diumumkan dari tanggal 8-9 Maret 2023 diakun peserta. Untuk farmasinya terdiri dari beberapa jurusan, PAI, Bahasa Inggris, Penjaskes, Seni Budaya, Prakarya dan kebudayaan dan sebagainya,"jelasnya.

Dia menyampaikan bahwa, pengumuman ini merupakan pengumuman pra sanggah bagi peserta. Setelah diumumkan ini, nanti ada masa sanggah dari tanggal sampai 10- 12 Maret 2023.

"Jadi Ada Dua hari masa sanggahnya. Jika ada peserta yang keberatan dengan hasil kelulusan itu, nanti mereka bisa menyampaikan sanggahan, melalui akun masing-masing, misalnya kenapa dia tidak lulus. Jadi jangan datang ke kantor BKPSDM dan Dinas Pendidikan, karena diakun itu ada diberi pilihan untuk sanggahnya,"katanya.

Setelah masa sanggah, lanjut Efrawadi, dimulai dari tanggal 13-19 maret 2023 jawaban sanggah dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), selanjutnya pengumuman ulang pasca sanggah, 9-10 April 2023. 

"Setelahnya hasil akhir yang lolos, akan diminta untuk pengurusan bahan untuk pengusulan NIP untuk PPPK, yang dijadwalkan dari tanggal 20-24 April 2023 mendatang,"jelasnya.

Kepala Bidang Pengadaan, Kepangkatan, Mutasi dan Pensiun BKPSDM Kerinci, Affan menambahkan dari 1.098 orang yang ikut seleksi ada 508 yang lulus seleksi administrasi dan berhak ikut seleksi. Dari 508 peserta tersebut terjaring 504 peserta yang dinyatakan lulus PPPK pra sanggah.

"Lulus 504, pada formasi penjaskes, formasi awal 39, jumlah peserta yang lulus hanya 35 peserta,"sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kerinci, H Murison lebih menekankan pada penempatan dari peserta PPPK yang lulus. Berdasarkan Koordinasi dari Pemerintah pusat terkait penempatan, lanjutnya ada dua bentuk penempatan yakni Satmikal dan Non Satmikal.

"Satmikal itu apabila ada formasi untuk satu sekolah, guru kelas ada beberapa tenaga honorer yang ikut seleksi dan lulus kalau lebih kuota nantinya akan diperingkat nilai tertinggi tetap disekolah itu, sedangkan yang lulus kedua akan di sekolah lain yang membutuhkan dan non satmikal ada guru yang lulus ditempatkan sekolah lain,"terangnya.(din)